Selasa, 13 Mei 2014

Berlindo PowerClub

Perkembangan jaman berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis dan usaha, setiap hari bisnis baru muncul namun hanya hanya sedikit yang benar-benar membuat usaha yang benar-benar baru, sebagian besar adalah bisnis baru dengan mengkonsep bisnis-bisnis yang ada sebelumnya. Hal ini membuat persaingan usaha sangat ketat, berbagai bentuk promosi dibuat pemilik usaha untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.
Tentang BerlindoHampir seluruh bisnis mempunyai tujuan yang sama yaitu memaksimalkan profit dan mendapat pangsa pasar yang besar sehingga menjadi pemimpin di pasar (market leader). Untuk mencapai hal tersebut perlu meningkatkan kepuasan pelanggan. Seringkali proses bisnis yang terjadi hanya bersifat transaksional saja dan harga dijadikan salah satu faktor menentukan persaingan. Tetapi harga yang rendah tidaklah cukup karena konsumen juga mempunyai ekspektasi seperti mendapatkan produk yang berkualitas dan pelayanan yang menyenangkan.
Hal yang sangat penting dalam bisnis adalah membuat konsumen menjadi konsumen yang loyal. Persaingan usaha yang sangat ketat, cenderung membuat pelanggan tidak loyal sehingga dengan mudah pindah ke pesaing bisnis kita. Oleh karena itu, menjaga konsumen kita agar tidak pindah ke pesaing, lebih penting dari mendatangkan konsumen baru.

PowerClub adalah solusi bisnis

Dalam strategi persaingan usaha, memberikan value add service adalah hal yang sangat penting. Harga yang murah, produk yang berkualitas dan pelayanan yang ramah tidak menjamin konsumen akan loyal dengan usaha kita, karena terkadang banyak faktor lain yang mempengaruhi 3 hal tadi.
Tentang BerlindoPowerClub adalah bentuk usaha yang berfokus membantu perusahaan untuk memberikan value add service untuk konsumennya. Strategi yang digunakan adalah pembuatan komunitas yang itu komunitas powerclub. Komunitas merupakan hal yang sangat penting untuk membuat dan mempertahankan loyalitas konsumen, itu sebabnya banyak usaha membangun komunitasnya sendiri, seperti pembisnis usaha otomotif yang secara langsung atau tidak langsung membuat komunitas club-club  otomotif.
Menggabungkan usaha dengan PowerClub jauh lebih mudah dan menguntungkan daripada membuat komunitas sendiri, karena perusahaan tidak perlu di repotkan dengan pembuatan membership, tidak harus menyediakan SDM serta tidak harus membangun teknologi sendiri yang menghabiskan banyak waktu dan biaya. Selain itu, apabila membangun komunitas sendiri hasilnya tidak akan maksimal, karena keterbatasan pengguna. Anggota komunitas Anda hanyalah orang-orang yang ada di sekitar bisnis Anda atau terbatas hanya orang yang pernah datang ke bisnis Anda.
Sistem komunitas PowerClub adalah system komunitas terbuka (open community) yang tentunya menguntungkan seluruh pihak yang terlibat didalamnya, dalam hal ini adalah konsumen dan penyedia bisnis. Konsumen dalam komunitas PowerClub hanya cukup memiliki 1 kartu keanggotaan, kartu tersebut dapat digunakan untuk mendapat benefit lebih di setiap bisnis yang terhubung dengan powerclub, hal ini tentu nilai tambah karena selama ini konsumen cukup dipusingkan dan di repotkan dengan banyaknya kartu keanggotaan atau kartu diskon.

Pihak-pihak yang terhubung dengan PowerClub

PowerClub terdiri dari 3 pihak yang terhubung dan saling menguntungkan. Pihak-pihak ini adalah :
Tentang Berlindo

a. Merchant (Pemberi Benefit)

Merchant adalah penyedia usaha, baik berupa bisnis retail maupun pemilik usaha jasa. Untuk masuk kedalam merchant powerclub, merchant diwajibkan memberikan benefit lebih kepada konsumennya yang merupakan anggota komunitas powerclub. Pemberian benefit ini bisa berupa pemotongan harga atau bisa juga berbentuk value add, seperti buy 1 get 1 free, dll.
PowerClub akan mengarahkan anggota komunitas untuk menjadi konsumen loyal pada merchant. Layanan dan produk merchant akan secara rutin di informasikan kepada anggota komunitas melalui bulletin bulanan, SMS, website, iklan di surat kabar dan media promosi lainnya. Merchant mendapatkan banyak keuntungan dari new customer dan returning customer dari anggota komunitas powerclub. Selain itu merchant juga menghemat biaya promosi karena tidak perlu lagi iklan di media cetak dan media elektronik.
Merchant akan diberikan sarana promosi seperti stiker x-banner dan acrylic yang di tempel di kaca atau diletakan dimeja agar dapat terlihat oleh konsumen.
Tentang Berlindo

b. Customer (Penerima Benefit)

Konsumen adalah para pemegang kartu powerclub, kartu powerclub dapat didapatkan dengan cara melakukan registrasi di www.berlindo.co.id, atau dari provider-provider yang telah terhubung dengan powerclub.
Customer akan mendapatkan benefit lebih saat berbelanja atau menggunakan jasa pada merchant-merchant yang terhubung dengan powerclub. Customer akan diberikan informasi penawaran-penawaran terbaru melalui website, e-mail, sms dan bulletin bulanan yang dikirim periodik ke alamat customer secara Cuma-Cuma.
Tentang Berlindo

c. Provider/Corporate Branding

Provider adalah pelaku bisnis yang mengajukan kerjasama untuk penerbitan kartu keanggotaan yang dibranding dengan Berlindo PowerClub.
Provider tidak perlu lagi direpotkan dengan membangun komunitas dan sistem keanggotaan (membership). Membangun komunitas sendiri tentunya menghabiskan waktu dan biaya, dengan membeli lisensi PowerClub, tidak diperlukan lagi mengembangkan sector IT dan penambahan SDM. Selain itu, membuat keanggotaan sendiri benefit yang dapat diberikan kepada customer tidaklah banyak.
Provider juga diberikan banyak keuntungan dengan melakukan cobranding dengan PowerClub yaitu, Provider akan diberikan hak komisi referral dan komisi transaksi, karena penerima kartu anggota yang diterbitkan oleh provider akan otomatis terdaftar menjadi anggota Berlindo dan provider otomatis menjadi sponsor dan upline untuk jaringan yang terdapat dibawahnya.

0 komentar :

Posting Komentar